Minggu, 12 Januari 2014

Nyunyu Dot Com

nyunyu [dot] com
Kurang lebih sekitar setahun yang lalu. Saat itu seperti biasanya, mata saya sedang asik nongkrong di timeline akun twitter saya. Melihat dan kadang menyimak beberapa tweet menarik dari following saya. Di antara following yang ikut meramaikan timeline saya waktu itu, salah satunya adalah pacar saya (sekarang udah jadi mantan, dan untuk selanjutnya di postingan ini saya akan menyebutnya Pocahontas). Maaf, saya lupa bagaimana tepatnya tweet dia waktu itu. Tapi, isinya dengan jelas gambarin kalo dia baru saja bikin akun di sebuah web dan mengajak yang lain yang sempat baca tweet itu untuk ikutan bikin akun di web itu. Link webnya udah ada di tweet itu. Belakangan saya tahu, kalo ternyata tweet itu akan muncul secara otomatis di akun twitter kita ketika kita telah membuat akun baru di web itu. Nama web itu adalah Nyunyu.com. Saya langsung mengerutkan dahi dan bertanya di dalam hati, "Nyunyu? Web apa lagi ini?". Kemudian dengan polosnya saya klik link yang ada di tweet itu. Lalu, secara otomatis tab baru muncul di web browser yang saya gunakan. Saya diarahkan ke sebuah web yang memakai logo burung hantu. 

 
www.nyunyu.com telah terlihat sempurna di tab baru itu sekarang. Kesan pertama ketika melihatnya adalah tampilannya keren dan bisa keliatan banget kalo web ini adalah web anak muda. Kemudian, tanpa sempat melihat artikel-artikel yang ada di situ, saya langsung kembali ke tab yang masih membuka akun twitter saya. Saya mention Pocahontas, bertanya ke dia tentang nyunyu.com. Setelah beberapa menit menunggu, mention saya dibalas dengan jawaban yang singkat. Dia hanya menjawab jika nyunyu.com adalah web yang ada Raditya Dika-nya. Jawaban yang singkat dan kurang memuaskan, tapi sudah cukup untuk berhasil memancing keinginan saya untuk membuat akun juga di nyunyu.com. Akun baru dengan username Aditya sudah berhasil dibuat di web ini, web yang ketika melihat namanya untuk pertama kali, saya rasa mungkin namanya merupakan plesetan dari kata unyu-unyu dan logo burung hantu yang digunakan adalah semacam plesetan dari logo burung biru yang digunakan twitter.

Artikel pertama yang saya baca waktu itu adalah artikel yang membahas tentang nama pantat. Iya, pantat. Kamu gak salah baca ko. Saya lupa judul artikel itu. Tapi, yang bisa saya ingat dengan pasti, di situ menyebut Pak Ntat dan Bu Ntat. Saya jadi teringat teman Pocahontas yang sering jadi bahan ejekan teman-temannya karena memiliki nama belakang Lapanta.

Meski sudah punya akun di nyunyu.com, saya tidak sering sign in ke akun saya itu. Mungkin, karena saat itu saya masih pacaran dengan Pocahontas, makanya saya jadi lebih sibuk pacaran daripada baca artikel-artikel yang menarik di nyunyu.com.

Seiring waktu berjalan, mungkin saya kualat karena nyuekin akun nyunyu yang sudah saya bikin. Saya putus dengan Pocahontas. Pasca putus, karena ingin menenangkan diri, saya kemudian menon-aktifkan beberapa akun social media saya. Tapi, karena tidak tahu cara menon-aktifkan akun nyunyu saya, jadinya saya membiarkan akun saya itu terus aktif tanpa pernah mendapatkan perhatian dan sentuhan lembut nan elegan yang seharusnya dia dapatkan.

Selama sebulan lebih saya "libur" dari keseruan dunia maya. Hingga akhirnya perlahan saya mulai pulih dari "sakit" yang saya alami. Saya kemudian mencoba menjalin hubungan lagi  dengan socmed. Semua akun social media yang saya non-aktifkan, saya aktifkan lagi. Ternyata, akun twitter saya yang memakai username @Aditya_Z17 sudah "mati". Saya kemudian mencoba untuk menghidupkannya lagi. Syukurlah, username itu belum ada yang memakainya. Jadi, saya bisa menggunakannya lagi. Walaupun sekarang tanpa following dan followers.

Di masa pulih itu, nyunyu.com mencuri celah ingatan saya. Saya jadi kepikiran untuk menengok lagi akun saya di web itu. Ternyata, akun saya masih aktif walaupun selama hampir sebulan lebih saya tidak membukanya. Bukan hanya itu, setelah saya amati, ternyata nyunyu.com berubah. Dia jadi lebih keren dan lebih seru dari sebelumnya. Tampilannya anak mudanya jadi makin berasa. Nyunyu juga kini memiliki tambahan fitur-fitur yang membuatnya bener-bener udah jadi social media. Di awal kenal, kita gak bisa chattingan di nyunyu. Nyunyu juga gak punya berbagai macam game yang bisa kita mainkan. Tapi, sekarang nyunyu punya semua itu. Saya merasa blog, facebook, dan twitter bergabung menjadi satu ke dalam satu web, nyunyu.com. Sekarang, saya bisa melihat semua user nyunyu yang sedang aktif menggunakan akunnya dan chatting dengan mereka. Saya merasa seperti mendapatkan hadiah setelah hampir sebulan lebih "koma".

Saya kemudian melihat satu persatu profil dari user nyunyu yang sedang aktif saat itu. Dari hasil stalking (saya rasa istilah yang sering digunakan di twitter ini boleh juga dipakai di nyunyu), sebagian besar dari mereka berada di luar kota tempat saya tinggal. Saya yang selalu penasaran dengan kehidupan di luar kota tempat saya tinggal mencoba berkenalan dengan mereka. Saya pikir, mungkin saya bisa mendapatkan gambaran suasana kota-kota di luar kota tempat saya tinggal lewat ngobrol dengan mereka. Apalagi kini saya sedang aktif nge-blog dan baru saja selesai nge-record lagu ciptaan saya sendiri, jadi sepertinya saya bisa memanfaatkan nyunyu jadi media promo saya. Promoin link blog dan link lagu saya.

Ide promo pake cara itu terinspirasi dari cara Benakribo yang di awal dia nge-blog juga promoin blognya lewat chat ke orang-orang. Saya dengan penuh percaya diri promoin link blog dan lagu saya ke para user nyunyu yang ketika saya sedang sign in ke akun nyunyu saya, saya dapati mereka sedang aktif. Saya bisa sepede itu, karena menurut saya bisa jadi sebagian besar yang bikin akun di nyunyu.com adalah anak muda yang suka baca dan udah gak asing lagi dengan yang namanya blog. Juga bisa jadi di antara mereka ada yang menyukai musik akustik. Jadi, mungkin bisa suka dengan lagu saya. Diam-diam, terselip harapan saya untuk bisa dapat kenalan blogger juga agar bisa sharing masalah blog dan lagu saya bisa populer di kalangan user nyunyu. Hehehe.

Saya sempat dengan pedenya promoin lagu saya dengan ngasih link lagu saya ke adminnya nyunyu lewat chat ke dia, karena waktu itu ada adminnya nyunyu yang sedang aktif di obrolannya nyunyu. Tapi, sayangnya saya tidak mendapatkan respon. Mungkin saja dia kewalahan membalas chat dari user nyunyu yang lain. Saya mencoba berpikir positif. Beberapa hari kemudian, saya nemu lagi adminnya nyunyu yang sedang aktif. Tapi, kali ini orangnya berbeda. Syukurlah, kali ini saya cukup beruntung. Saya mendapatkan respon lewat chat dan twitter. Terima kasih untuk enatnetnot yang udah mau merespon chat dan tweet saya waktu itu.

Karena tidak ingin melewati batas privasi orang lain, jadi saya sengaja bikin gambarnya jadi gak jelas gitu.
Ini responnya Enat yang lewat twitter

Saya tidak ingin kualat lagi. Setiap ada postingan terbaru di nyunyu, saya selalu sempatkan untuk membacanya. Saya juga selalu menyempatkan update kwuk saya. Jika di twitter kita tahunya tweet, di nyunyu kita mengenalnya dengan sebutan kwuk. Ini untuk membuktikan ke akun nyunyu saya kalo saya gak akan cuekin dia lagi. Saya juga jadi tertarik untuk folllow beberapa orang lainnya yang "bermain" di balik layarnya nyunyu.com. Entahlah, saya jadi tertarik ingin "belajar" nge-tweet yang asik itu kayak gimana dari cara mereka nge-tweet. Beberapa di antara mereka, ternyata ada yang punya blog. Saya jadi bisa sekalian belajar nge-blog juga dari tulisan-tulisan mereka di blog mereka masing-masing.

Sekeren-kerennya nyunyu, tetap ada kekurangannya juga. Ava user nyunyu gak bisa kita perbesar gambarnya ketika kita klik ava dari user yang kita inginkan. Kita jadi gak bisa melihat jelas ava user itu dalam resolusi yang lebih besar. Kan kasian bagi kita yang gak ingin tertipu ava. Hehe. Email yang kita gunakan di nyunyu juga gak bisa kita ganti. Atau mungkin saya saja yang gak tahu caranya. Muehehe. Hmm, itu saja sih kekurangan nyunyu menurut saya.

Di nyunyu.com juga ada salah satu user yang sampai sekarang bikin saya penasaran siapa sebenarnya pemilik akun itu. Awalnya, saya mengira itu adalah Oka (@landakgaul), tapi ternyata ketika saya mencoba melihat profilnya dengan mengklik profil user itu, saya justru diarahkan langsung ke home-nya nyunyu. Bahkan pernah, saya langsung diarahkan ke web nyunyu yang versi mobile. Saya kemudian ngecek ke teman-teman user nyunyu yang lain. Sebagian besar di akun mereka ada user misterius ini yang jadi follower mereka. Entah, hanya saya yang penasaran dengan user yang satu ini, atau mungkin ada user nyunyu yang lain yang juga merasakan hal yang sama dengan saya. Sampai sekarang, user yang menggunakan username "@" ini masih menjadi misteri.

???

Terlepas dari itu semua, nyunyu kini sekarang udah makin keren dan seru. Logo burung hantunya udah berubah dan itu makin menambah kerennya nyunyu. Tampilannya makin sip. Orang-orang di balik layarnya nyunyu nambah jumlahnya. "Yang Muda Yang Berjaya" yang dulu digunakan nyunyu sekarang diganti dengan "Yang Penting Nggak Penting". Pilihan rubriknya jumlah macamnya nambah. Tampilan profil saya di nyunyu pun juga udah berubah.

Tolong jangan permasalahkan email yang saya gunakan. Saya gak tahu cara gantinya gimana.

Bagi saya, nyunyu itu emang beneran keren dan anak muda banget. Emang sesuai banget dengan deskripsi nyunyu yang bilang kalo nyunyu itu tempatnya anak-anak muda dan yang udah tua tapi masih merasa muda. Hehehe. Nyunyu mengarahkan kita ke arah keren yang positif. Karena nyunyu, saya makin sadar kalo ternyata hidup itu seru, dan kita harus menikmatinya dengan cara yang positif. Berkat nyunyu juga, saya jadi punya cukup banyak teman di luar Poso-kota kecil tempat saya tinggal. Sampai sekarang kami masih saling follow, baik di twitter maupun di nyunyu. Saya juga jadi dapat pelajaran dari orang-orang yang ada di balik layarnya nyunyu.com. Belajar, kalo jadi anak muda (usia 25 dan belum menikah juga belum punya pacar itu masih terhitung anak muda kan?) itu hanya akan sia-sia ketika masa mudanya dihabiskan dengan keseruan-keseruan yang sifatnya negatif dan merugikan diri sendiri juga orang lain. Lebih baik serunya itu adalah serunya melakukan kegiatan yang positif, berkarya dan karya kita itu bisa dinikmati oleh banyak orang yang semoga saja bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

3 komentar:

  1. Wah emang belum abis ya broh? Pertama kali mampir ke sini nih. Salam kenal yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatan kayak belum abis ya? Padahal emang sampe situ post-nya -__-
      Salam kenal juga. Sering2 mampir.hehe

      Hapus
  2. Email di Nyunyu emang gk diganti ya? Padahal mau active lagi di Nyunyu. Mau update email soalnya dulu waktu buat account disana masih alay2nya-_- Mau update ke email yg 'normal' malah gk bisa......

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...