Kamis, 12 Juni 2014

The Liebster Award

Waktu itu saya sedang di kantor, sedang di ruangan saya menyelesaikan semua kerjaan saya sebagai Part Administration Staff. Setelah semua pekerjaan itu selesai, dan jaringan internet di kantor sedang tidak mengalami gangguan, saya mencoba mengecek adityaditio.com, blog saya, siapa tahu ada komentar. Maklum saja, saya tidak menggunakan notif yang bisa langsung memberitahukan jika ada komentar di blog saya melalui hape. Jadi, untuk bisa tahu ada komentar atau tidak, saya mesti mengecek langsung ke blog saya. Dan, benar saja, ada satu komentar di postingan terakhir saya. Sebuah komentar dari Fadillah Nur A, teman satu komunitas blogger, Kancut Keblenger (KK). Saya biasa memanggilnya Nur.hehe

Di komentarnya, Nur memberitahukan jika ia memberikan award kepada saya, The Liebster Award. Saya langsung tersenyum. Saya yakin siapa pun, minimal akan tersenyum ketika mendapatkan sesuatu yang ia tidak pernah duga sebelumnya. Selama sesuatu itu adalah hal yang menyenangkan. Apalagi ada titel "Award", yang berarti itu adalah sebuah penghargaan. Dan, karena titel Award ini jugalah saya jadi penasaran, ingin tahu apa sih Liebster Award itu? Award seperti apakah Liebster ini? Apa ada hubungannya sama Lobster?

Sumber Gambar
Untuk menjawab rasa penasaran saya, saya membaca hampir setiap postingan teman-teman KK yang berisi tentang Liebster Award. Dari situ, saya mendapatkan informasi kalau Liebster Award berasal dari Jerman yang artinya tersayang. Kalau diucapkan, "ich liebe dich". Award ini memiliki beberapa rules. Tapi, saya merasa ini belum cukup menjawab rasa penasaran saya. Karena ini adalah award dari dan untuk blogger, maka pasti yang pertama kali membuat award ini adalah seorang blogger. Saya belum puas, saya ingin tahu siapa dan kapan pertama kali award ini muncul.

Beberapa hari kemudian. Setelah beberapa menit bekerjasama dengan Google menggunakan berbagai macam kata kunci, saya mendapatkan blog milik Sopphey. Ia ingin tahu rules asli dari award ini dan siapa yang pertama kali memosting The Liebster Award ini. Coba kamu baca deh postingannya Sopphey di sini. Di postingannya, Sopphey memberikan backlink postingan dari sebuah blog yang diposting di tanggal 19 Desember 2010. Menurutnya, inilah yang pertama kali memosting The Liebster Award. Coba kamu buka di sini.

Saya buka blog itu, dan saya menemukan tulisan yang menggunakan bahasa yang tidak saya kenal. Saya kemudian memasukkan sebagian tulisannya itu ke Google Translate untuk mendeteksi bahasa yang digunakan. Setelah klik "detect languange", bahasa yang terdeteksi adalah bahasa Jerman. Yap! Sepertinya Sopphey benar. Karena sebagian besar blogger yang mendapatkan award ini mengatakan jika award ini berasal dari Jerman. Sangat cocok dengan bahasa yang digunakan di blog itu.

Jika diperhatikan, ternyata The Liebster Award ini mengalami perubahan rules dari pertama kali award ini muncul. Sangat berbeda dengan rules yang ada sekarang yang dominan menggunakan 11. Sebelas pertanyaan, sebelas hal tentang diri kita, dan sebelas blogger untuk menjawab sebelas pertanyaan yang kita berikan.

Di postingan itu, The Liebster Award (TLA) diberikan kepada 3-5 blog favorit kita. Kita menaruh url blog favorit kita itu di postingan kita tentang The Liebster Award. Lalu, kita memberikan url postingan kita ke blog favorit kita dengan berkomentar di blog yang kita taruh url-nya di postingan TLA kita, sambil memberitahukan ke mereka jika mereka mendapatkan TLA dari kita (oke, di poin ini sama dengan rules yang sekarang). TLA ini diutamakan diberikan ke blog yang pembacanya di bawah 3.000 pembaca, blogger pemula yang berbakat, atau bisa juga ke blogger yang sudah lama ngeblog tapi belum terkenal.

Nah, sudah dapat kan perbedaannya dengan rules yang ada sekarang?

Ternyata ada perbedaan rules dan sedikit pergeseran tujuan dari "nenek moyang"-nya dulu. Hal yang sangat wajar terjadi menurut saya. Jika sebuah berita atau informasi disampaikan dengan menggunakan perantara seorang manusia, maka kemungkinan besar berita atau informasi itu akan mengalami penambahan dan perubahan. Jika berita atau informasi itu diganti dengan uang, besar kemungkinan uang itu akan mengalami pengurangan jumlah.

Kapan dan bagaimana rules-nya bisa berubah dari rules awal TLA ini muncul saya pun tidak tahu. Saya juga belum bisa mendapatkan informasinya. Tapi, rasa penasaran saya sudah cukup  terjawab. Dan, semoga ini juga bisa menambah informasi buat teman-teman yang juga penasaran dengan TLA. Dan, karena saya mendapatkan award ini dengan rules yang ada sekarang, jadi saya rasa saya akan mengikuti model rules yang sekarang.

Oke, berdasarkan rules yang sekarang, saya harus memenuhi 5 poin ini.
  1. Membuat postingan tentang The Liebster Award. 
  2. Mengucapkan terima kasih dan memberikan backlink ke blogger yang memberikan award ini kepada kita.
  3. Menulis 11 hal tentang diri kita.
  4. Menjawab 11 pertanyaan yang diberikan kepada kita.
  5. Memilih 11 blogger untuk menjawab 11 pertanyaan yang kita berikan.
Poin pertama telah saya penuhi. Poin kedua akan saya penuhi bersamaan dengan terpostingnya postingan ini. Jadi, mari kita langsung ke poin yang ke tiga.


11 hal tentang diri saya

1. Ingin karyanya (lagu dan tulisan) bisa dinikmati oleh banyak orang. Dan, membuat nyaman yang menikmatinya.
2. Tidak pernah bisa lama menatap mata lawan bicara.
3. Pernah jadi penyiar radio.
4. Bisa berenang hanya dengan satu gaya. Gaya batu kecemplung air.
5. Suka Juventus, tapi jarang menonton pertandingannya.
6. Suka lagu yang ada instrumen gitar akustiknya.
7. Jantungnya akan selalu berdetak cepat kalo dekat dengan anjing. Tapi, ingin punya peliharaan anak anjing.
8. Punya kucing betina yang namanya Molly yang sekarang punya empat anak. Momo, Mimi, Garfil, dan Kakashi (tapi dia betina).
9. Punya motor Beat Hitam yang diberi nama Beha.
10. Penggila kopi dan susu coklat.
11. Kurang minat sama cewek yang terlalu girly.

Kita melangkah ke poin yang ke empat. Karena saya mendapat award dari Fadillah Nur A dan Arman Zegaisme, jadi saya akan menjawab pertanyaan dari mereka.


11 pertanyaan dari Fadillah Nur A
1. Apa arti nama kalian?
Saya tidak tahu arti nama saya.haha. Yang saya tahu, mama saya memberikan nama Aditya kepada saya, karena kurang nyaman saja dengan nama yang terlalu Bugis. Yang banyak menggunakan "Udin". xD

2. Apa alasan ngeblog?
Ingin melatih kemampuan menulis, sekalian jadi tempat promo lagu-lagu saya.haha

3. Selama ngeblog, apa aja suka dukanya?
Sukanya, saya jadi punya banyak teman. Walaupun sebagian besar, bahkan mungkin seluruhnya yang belum pernah saya temui langsung. Dukanya, kalau ikutan lomba blog, terus gak menang.haha. But, I really enjoy it!

4. Biasanya, nyari referensi dan ide itu dari mana aja?
Kalau referensi dan ide postingan itu dari kehidupan sehari-hari, hasil blogwalking, dan ide yang muncul secara spontan. Kalau lagu, lebih banyak mengambil referensi musik dari luar negeri. Dan, kalau ide membuat lagu itu dari pengalaman pribadi, curhat teman, kadang juga ide yang muncul secara spontan.

5. Kalau lagi nulis, sambil ngapain aja?
Sambil memegang pulpen. Kadang, pensil. xD

6. Bangga atau engga, punya blog gitu? Alasannya?
Bangga banget. Karena, di Poso masih jarang sekali yang punya blog, dan konsisten membuat postingan. Saya jadi merasa berbeda dibandingkan dengan yang lainnya. Jadi, terlihat lebih cerdas dalam menggunakan internet. Tsaaaaah.haha

7. Kalau ada rezeki, pengen ke mana aja?
Ingin ke tempat-tempat di luar Pulau Sulawesi yang selama ini hanya bisa dilihat di tivi. Dan, ingin ke Jepang.

8. Menurut kalian, aku orangnya gimana?
Karena kita belum pernah ketemu langsung, lebih banyak berinteraksinya lewat Line Grup KK, jadi saya ambil referensi dari situ. Kamu itu perempuan dan suka banget sama lawan jenis yang tampan.

9. Ada niat mau bikin buku? Judulnya?
Ada. Dan, sedang dipersiapkan. Judulnya, nanti saja kalau bukunya sudah jadi.

10. Siapa inspirasi kalian?
Mantan terakhir saya. Tapi, bukan dia dengan versinya yang sekarang. Dia dengan versinya yang pertama kali saya mengenalnya. Sekedar info, saya sudah move-on kok. Bagaikan sebuah buku, saya sudah menutup semua tentang dia. Saya sudah berdamai dengan masa lalu.

11. Kalian termasuk orang yang malas blogwalking, atau tidak? Kenapa?
Kalau orang yang malas blogwalking itu adalah orang yang tidak punya jadwal khusus untuk blogwalking, berarti iya, saya termasuk orang yang malas blogwalking. Karena, blogwalking saya lakukan tanpa menggunakan jadwal khusus.


11 pertanyaan dari Arman Zegaisme

1. Gimana menurut lo tentang Liebster Award?
Sangat membantu para blogger dan idenya awardnya asik. Bisa bikin naluri detektif saya muncul, bisa membantu mengenalkan blog satu orang ke orang yang lainnya, dan bisa jadi bahan postingan.

2. Kisah cinta yang paling pahit yang pernah lo alami?
Kisah cinta dengan mantan yang terakhir. Ceritanya bagaimana? Panjang. Rasanya tidak perlu saya ceritakan.

3. Apa keuntungan blogging buat lo?
Jadi punya media latihan menulis, bisa mengenal banyak orang, dan jadi tempat promo lagu.haha

4. Apakah lo sering iri kepada blogger lain? Kenapa dan siapa blogger itu?
Iya, saya iri. Tapi, tidak sering. Kenapa saya bisa iri? Karena mereka bisa membuat postingan yang sangat bagus, tapi saya tidak. Dan, saya menjadikan itu 'cambuk' untuk saya agar bisa membuat setiap postingan saya jadi lebih bagus. Bukan lebih bagus dari postingan mereka, karena saya yakin saya tidak akan sanggup. Tapi, lebih bagus di setiap postingan yang baru saya publish dibandingkan postingan saya sebelumnya.
Siapa blogger itu? Ah, tidak dikasi tau juga tidak apa-apa kan?

5. Mengapa jomblo sering di-bully?
Mungkin, ini mungkin ya. Karena jomblo dianggap seperti barang yang belum laku.

6. Pengalaman hidup apa yang paling berkesan buat lo?
Bisa punya blog, bisa menyelesaikan recording setiap lagu yang saya ciptakan dengan baik, dan orang-orang menyukainya. ^^

7. Kuliner Indonesia yang paling lo gemari?
Tempe dan tahu goreng.

8. Potensi alam apa dari Indonesia yang masih belum dimanfaatkan dengan baik?
Wah, berat ya pertanyaannya. Anak muda Indonesia yang kreatif masuk kategori alam Indonesia gak? Kalau iya, itulah yang masih belum dimanfaatkan dengan baik di Indonesia.

9. Perubahan apa yang lo alami setelah lo mulai nge-blog?
Entahlah, jadi merasa lebih keren aja.haha

10. Apa cita-cita lo yang paling tinggi?
Ingin bisa menyanyikan lagu milik saya sendiri di depan jutaan orang, dan mereka ikut menyanyikan lagu yang saya nyanyikan itu tanpa saya minta.

11. Apa aja yang udah lo perbuat untuk meraih cita-cita tersebut?
Memaksakan diri untuk bisa percaya diri melakukan promo-promo ke orang-orang lewat blog, twitter, dan socmed lainnya.


Oke, saya sudah menjawab semua pertanyaan yang diberikan kepada saya. Sekarang, saya akan memilih 11 blogger yang menerima The Liebster Award dari saya, dan akan memberikan 11 pertanyaan kepada mereka.


11 blogger itu adalah:

1. Nadya Mega Permata (Milky)
2. Hafisha Fitri Raisha
3. Debrina Intani (Bedak)
4. Kak Murthy F. Rone
5. Andi Rosmarita Paraga
6. Khairunnisa Siregar
7. Kasihelia
8. Winda Huhul
9. Cello
10. Ulwan
11.  Fenny


Dan, ini 11 pertanyaan buat kalian.

1. Menurut kamu, kenapa sih setiap ada yang curhat, kadang didahului dengan kata maaf?
2. Lebih memilih dengar lagu dari radio atau music player?
3. Punya tips biar tidak takut anjing dan cepat tahu berenang gak?
4. Punya barang yang tidak bisa dipisahkan dengan kamu gak? Boleh tahu itu apa?
5. Kalau Tujuh Bola Naga di Dragon Ball itu nyata, kamu akan ikutan kumpulin bola itu gak? Kalo iya, mau diapakan?
6. Jujur, pernah percaya gak kalo Doraemon itu benar-benar ada?
7. Suka sama lawan jenis dari kapan?
8. Arti blog kamu buat kamu apa?
9. Menurut kamu, saya itu bagaimana? Lebih banyak yang negatifnya sih lebih bagus. Buat bahan memperbaiki diri.hehe
10. Pernah gak tidak percaya sesuatu tapi ternyata eh bisa kejadian?
11. Pertanyaan terakhir. Pernah dengar lagu-lagu saya gak? haha


Semua poin rules-nya sudah saya penuhi. Dan, oke, ini akhir dari postingan saya. Terima kasih buat yang sudah memberikan award kepada saya. Terima kasih sudah bikin saya membuat postingan yang lebih panjang dari postingan-postingan saya sebelumnya.hehe

12 komentar:

  1. Ah baiklah mungkin ada perbedaan, aku takut dgn kucing tp aku pgn meliharanya. --"

    Oh, kenapa tidak punya nama Udin saja? Haha semua wanita ingin lelaki yang tampan, tapi lebih ingin lelaki yang mapan. Eyaaak. B)

    Sukses utk kerjaannya, lagunya, dan karya2nya, kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pelihara aja, Nur. Saran. Lebih baik yang jantan.hehe

      Tanyakan langsung pada mama saya...hahaha

      Terima kasih, Nur! :)

      Hapus
  2. wah aku juga suka anjing sih kak.
    kalau namanya udin, manggilnya jadi kudin dong. haha

    potensi anak muda mah SDM kak, bukan SDA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.

      Berarti SDM-nya juga kurang dimanfaatkan. xD

      Hapus
  3. http://duniadeeintan.blogspot.com/2014/06/hola-i-get-liebster-award.html#more

    thankies Dit!!

    BalasHapus
  4. Tidak pernah bisa menatap lawan bicara....... sama :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma jadi lebih ribet kalo cowok yang gak bisa. Entar, mau bilang cinta, nanti dikira gak serius..hehe

      Hapus
  5. Kadit dapet award lagi.

    http://wamelan.blogspot.com/2014/06/the-liebster-award-episode-pertama.html

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas awardnya, sudah dikerjakan ya di
    http://siregarkhairunnisa.wordpress.com/2014/06/20/the-liebster-award-part-2/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...