Minggu, 13 Oktober 2013

Pante Imbo

Tau "Poso" gak? Kalo kamu sering nonton berita, gue yakin kalian pasti tau atau minimal pernah denger lah. Beberapa tahun yang lalu, tempat gue lahir dan merasakan nikmatnya cinta ini sempat heboh diberitakan di tipi-tipi. Gak perlu gue jelasin, kamu tinggal gugling aja dan masukkan "Poso" jadi kata kuncinya, udah muncul tuh wujud beritanya kayak gimana. 

Udah coba? Yang muncul berita negatifnya aja kan? Nah, karena hal itu, gue jadi pengen kenalin kota gue yang tercinta ini ke kalian dari sisi lain yang jarang banget dipublikasikan.

Poso itu sebuah Kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah. Ibukotanya adalah Poso Kota. Tenang aja, gue gak kebalik kok ngetik nama ibukotanya. Emang nama ibukotanya itu, Poso Kota. Dan yang pertama dari Poso yang pengen gue kenalin ke kamu adalah salah satu pantai yang dekat banget dari pusat kota. Kalo kamu naik motor, sekitar sepuluh menitan aja udah nyampe. Kalo kita-kita di Poso lebih mengenal pantai ini dengan nama Pante Imbo.

Berdasarkan info dari temen gue dan juga cerita dari orang-orang di daerah sekitar pantai ini, nama "Imbo" diambil dari nama seseorang yang dulu meninggal di pantai ini. Dia jadi salah satu korban kerusuhan Poso. Gak ada info yang pasti sih soal nama Imbo dan gue juga gak tau mau nanya ke siapa buat dapetin info pastinya soal penamaan Imbo ini, tapi kalo kamu tanyain ke orang-orang di Poso, pasti lo dapetin info yang sama seperti info yang udah gue kasi ini. Serem juga ya sumber nama pantai ini.

Oke, cukup jadi info aja sumber nama pantainya ya. Karena kita-kita di Poso sama sekali gak permasalahin sumber namanya. Meski sumber namanya dari suatu proses yang menyeramkan, pantai ini tetep selalu rame didatangin orang-orang di weekend dan di semua hari yang tanggalnya tanggal merah. Di hari-hari biasanya juga tetap ada yang datang ke pantai ini, bahkan karena tempatnya yang minim lampu, malem pun tetap ada yang datang. Kebanyakan sih pasangan-pasangan yang "cari tempat aman". If you know what I meant. Muehehe.

Pantai ini ada tepat di tepi jalan. Pantainya lumayan bersih dan kamu gak perlu khawatir kalo gak bawa makanan dan minuman kalo dateng ke sini, karena di sekitar pantai ada cukup banyak warung yang nyediain makanan dan minuman buat kamu beli. Di sekitar pantai juga ada beberapa kursi kayu panjang yang disediain buat kamu yang hanya pengen nikmatin pemandangannya dan suara deburan ombaknya. Gue juga sering dateng ke sini kalo lagi pengen sendiri atau nyari inspirasi. Oh iya, kalo kamu pernah liat postingan gue yang ini Hasil Jepretan Gue, ada sebagian fotonya yang tempat ngejepretnya di pantai ini juga.

Kayanya gak perlu gue jelasin panjang lebar deh gimana wujudnya Pante Imbo ini. Silahkan kamu liat dan nilai sendiri deh.

Yang akan kamu liat pertama kali kalo ke Pante Imbo dari arah pusat kota.



Jalan masuk ke Pante Imbo yang langsung bisa kamu liat dari tepi jalan. Lupakan tulisan "DAN"-nya. 

Tuh ada si- ex 2012 punya bapak gue lagi nongkrong

Kalo mobil itu gue gak tau punya siapa. Eh, bisa liat kursi kayunya kan? Tuh, yang pink.

Gimana? What do you think?


Ini waktu lagi hujan

Salah satu warung yang ada di sekitar pantai. Dan kalo kamu lewatin jalan ini, terus pas nyampe di pohon yang di ujung tuh, abis itu liat ke kiri, kamu akan liat yang seperti di bawah ini...



Gimana? Tertarik pengen nyamperin pantai ini? Ya udah dateng aja ke Poso. Tenang aja, Poso gak seseram yang kamu bayangkan seperti yang diberitakan di tipi-tipi atau di koran-koran kok. Poso sekarang udah AMAN. Buktinya, gue bisa ambil gambar pantai ini dengan bebas tanpa rasa takut dan memostingnya di blog gue ini.

Foto yang dua terakhir nih gue ngejepretnya pake kamera Canon DSLR punya temen gue. Tapi, gue lupa tipe Canon-nya apa. Foto-foto lainnya, gue ngejepretnya pake handphone Samsung Galaxy Y-GT S5360 punya gue.

Kalo kamu pengen datang ke sini, ke Poso, tapi gak punya kenalan di sini, ya udah kamu hubungi gue aja. Gue siap jadi tour guide kamu kalo kamu berani bayar dengan harga yang pantas. Muahahaha.

Oke, ini yang dari Poso yang pertama gue kenalin ke kamu. Tungguin aja postingan gue berikutnya tentang Poso, akan banyak macemnya dari Poso yang akan gue kenalin. Dan sebagian besarnya bisa jadi gak pernah kamu dapetin di brosur-brosur ataupun info wisata yang kenalin tentang Poso.

6 komentar:

  1. Gue nggak tau banget tentang poso. Setelah baca postingan ini, gue tahu kalau poso juga punya wisata yang unik. Nice Post! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Bro. :)
      Nanti akan ada post yang lain lagi tentang Poso. Tungguin aja.hehe

      Hapus
  2. dapet update-an tempat wisata baru walaupun jauh, nice share bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Bro. Nanti sempatin datang berkunjung ke Poso. :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Pasti liat twit Pante Imbo-nya @gnfi :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...